“Ada dua cara menjalani hidup, yaitu menjalaninya dengan keajaiban-keajaiban atau menjalaninya dengan biasa-biasa saja“ (Albert Einstein). "Jika ingin menjadi seorang peneliti, maka jadilah peneliti yang menapak bumi jangan jadi peneliti yang hanya pintar di atas meja".

Jumat, 20 Mei 2011

Digital Forestry Information (d-forin V.2.02)

Ternyata rimbawan punya teknologi baru untuk meng-cover data record semua peraturan perundangan pemerintah dalam hal ini Kementrian Kehutanan. Menurut saya ini akan sangat membantu, otak manusia memang sejuta gigabyet, tapi kita tidak mungkin bisa mengingat semua peraturan pemerintah yang diberlakukan. Biasanya kita perlu peraturan perundangan tersebut sebagai dasar dalam melakukan suatu kegiatan kehutanan sebagai landasan yang kuat. Tapi kebiasaan buruknya adalah kita terkadang sulit melakukan organisir terhadap softfile-softfile peraturan yang ada, sehingga jika file-file tersebut suatu saat dibutuhkan kembali, perlu waktu lama untuk mencarinya dan ini kurang efisien....

Apakah d-Forin?

Digital Forestry Information atau yang dikenal dengan d-forin adalh program aplikasi untuk mencari peraturan perundangan kehutanan yang diinginkan dengan cara mudah dan cepat. Saat ini d-forin berisi database 2013 peraturan perundangan (UU, PP, Perpres/Kepres, Permenhut/Kemenhut, Kepmen lain).

D-Forin dilengkapi dengan kamus (kamus rimbawan, kamus konservasi dan kamus pemerintahan) serta informasi mengenai instansi kehutanan (alamat, pejabat, tupoksi).

Apa bedanya dengan mencari peraturan melalui web?
Beda sekali. Mencari peraturan yang diinginkan melalui web tidak semudah yang diabayangkan. Kita harus mengetahui secara lengkap peraturan yang dicari. Apalagi mencari peraturan yang berhubungan satu sama lain itu tidak mungkin dilakukan. Yang ada di web sebenarnya adalah kompilasi peraturan perundang-undangan bukan program aplikasi. 

Apakah D-forin penting untuk dimiliki?
Tentu sekali, Sebagai aparat pemerintah atau swasta sangat paham bahwa dalam melaksanakan tugasnya selalu didasarkan atas peraturan perundang-undangan. Program ini dibuat terutama untuk instansi kehutanan atau instansi yang berhubungan dengan kehutanan baik yang berada dipusat maupun yang berada di daerah. Pentingnya d-forin dapat diketahu dari sambutan bapak menteri kehutanan dan masing-masing eselon 1 tang telah menanggarkan pengadaannya sampai dengan eselon 3. Dengan memiliki d-forin maka pelaksanaan tugas dapat dilakukan secara profesional sesuai dengan peraturan.

Apakah data dapat di update?
Pemilik d-forin dapat melakukan update dengan mengunduh melalui web. www.d-forin.com

Penanggungjawab d-forin?
d-forin dibuat oleh tim yakni: Bambang Winarto (koordinator tim, pakar kehutanan, sistem analisis), Albertinus Rainandang (programer utama), Danar Prasetyo (programer) dan Wisnu Wibisana (sistem dan data analisis).

Untuk informasi lebih lengkap bisa diperoleh di: http://www.d-forin.com/dict3.php?jenis_kamus=hph

Tidak ada komentar: